ISCIP

Psikologi Islam sebagai local genius Prodi Psikologi UII diimplementasikan melalui salah satunya perkuliahan Psikologi Islam. Mata kuliah Psikologi Islam memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari aspek historis, dasar-dasar konseptual dan juga pengenalan awal tentang strategi dan metode pengembangan Psikologi Islam. Mahasiswa dalam kesempatan tersebut juga berlatih meneliti Psikologi Islam dalam berbagai bidang. Hal ini dimaksudkan melatih kepekaan terhadap fenomena-fenomena psikologis manusia yang bisa didekati dan dipikirkan solusinya berdasarkan perspektif Psikologi Islam. Selain itu, tentu saja perkuliahan berorientasi memberikan stimulasi pemikiran yang membuka wawasan mahasiswa tentang perkembangan Psikologi Islam dari masa ke masa. Dengan harapan regenerasi pengembangan disiplin ilmu ini dapat terjaga secara berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung orientasi dan menegaskan keunggulan khas program studi, Prodi Psikologi UII memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menantang kepada mahasiswa. Pengalaman belajar ini berbentuk konferensi ilmiah tentang Psikologi Islam. Konferensi khusus untuk mahasiswa ini dirancang dan diselenggarakan sebagai upaya menciptakan scientifict momentum sekaligus menjadi bagian dari upaya pengelola Prodi Psikologi UII membangun campus climate dalam proses pembelajaran mahasiswa. Harapannya adalah supaya komitmen institusi terhadap pengembangan Psikologi Islam tidak hanya terbatas pada fasilitas forum ilmiah bagi komunitas dosen-peneliti atau kegiatan kurikuler perkuliahan semata, tetapi juga kegiatan ilmiah lain yang mendukung proses belajar-mengajar di kelas.

Melalui konferensi mahasiswa tentang Psikologi Islam, mahasiswa diharapkan memiliki rasa percaya diri serta keyakinan yang kuat dan optimistik dalam memandang masa depan Psikologi Islam. Terlebih apabila kegiatan tersebut diselenggarakan dalam skala internasional, bukan lagi nasional apalagi lokal. Ajang kegiatan yang dapat dikatakan bersifat global ini memiliki kekuatan untuk memupuk dan memantapkan collective efficacy para intelektual muda dan akademisi (khususnya) muslim dalam merawat bangunan keilmuan Psikologi Islam yang telah cukup lama dibangun di tengah diskursus dinamis-kreatif yang terus mengalir dalam arus perkembangan ilmu psikologi di dunia kekinian. Konferensi internasional bagi mahasiswa jenjang sarjana sengaja dipilih sebagai sarana ilmiah untuk membawa mahasiswa kepada atmosfir akademik. Seiring dengan itu, konferensi juga dapat mendorong aktualisasi academic hard-skill dan kuriositas terhadap disiplin ilmu psikologi berdasarkan nilai-nilai dan semangat keislaman.