DAISY #2 : Berkenalan Juara 1 Psy-Paper KIMPSI

DAISY #2 : Berkenalan Juara 1 Psy-Paper KIMPSI

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh Aura Nabila, Nasywa Aiko Putri, dan Stana Nafisah mahasiswa prodi Psikologi 2018  akan menjemput juara 1 dalam lomba Psy-Paper KIMPSI (Karya Ilmiah Mahasiswa Psikologi Indonesia) Nasional. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Islam Riau pada tanggal 1 Agustus-30 September 2020. Kategori Psy-paper sendiri adalah lomba hasil penelitian bidang psikologi konvensional dan islam.

Team Psy-paper UII awalnya belum mengetahui adanya kompetisi KIMPSI. Awal mula pembuatan naskah penelitian untuk lomba tersebut bermula dari tugas kelompok mata kuliah psikologi islam berupa pembuatan makalah. Tugas ini memiliki format yang sama dengan persyaratan lomba dan kemudian dosen pengampu menyampaikan perihal KIMPSI dan meminta team untuk melanjutkan makalah tersebut hingga lolos seleksi dari fakultas.

Makalah yang awalnya dibuat untuk memenuhi tugas, akhirnya mempunyai tujuan untuk membanggakan nama UII.

Judul paper yang diangkat adalah “Keikhlasan dan Kebahagiaan pada Mahasiswa Yogyakarta”. Team Psy-paper UII meneliti bagaimana keikhlasan dapat mempengaruhi kebahagiaan mahasiswa di Yogyakarta dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan data diambil menggunakan pengisian google form dan memiliki responden sejumlah 154 mahasiswa. Indikator responden yaitu dengan rentang umur 18-23 tahun karena dilandasi oleh salah satu teori yang menyebutkan bahwa terdapat tugas pada masing-masing tahapan perkembangan.

Dalam pembuatan naskah lomba team Psy-paper memiliki tantangan tantangan tersendiri. Dalam prosesnya team Psy-paper baru mendapatkan mata kuliah Penelitian Kuantitatif dan Statistik pada saat pembuatan naskah. Kemudian hal ini menjadi pengalaman langsung untuk megaplikasikan teori dari mata kuliah tersebut.

Karena adanya pandemi yang mengharuskan seluruh mahasiswa UII untuk melakukan kuliah secara online di rumah masing-masing, tentu membuat komunikasi menjadi terkendala. Dengan Aura di Yogyakarta, Nasywa yang tinggal di Madiun dan Stana yang pulang ke Tasikmalaya, mereka berusaha untuk saling mengingatkan dan berbagi progress pekerjaan. Selain itu mereka juga sepakat untuk menetapkan tenggat waktu masing-masing tugas agar bisa mendapatkan feedback dari dosen pembimbing dan melakukan revisi.

Dengan mengikuti lomba KIMPSI ini, team Psy-paper juga membutuhkan manage waktu yang ketat untuk melakukan pengerjaan naskah lomba disela-sela banyaknya tugas kuliah online dan periode key-in.

“Memang iya mengerjakan tugas untuk memenuhi nilai, tapi jika tugas dikerjakan dengan maksimal dan bisa untuk hal lain kenapa tidak?” – Nasywa Aiko Putri

“Selagi masih ada kesempatan kenapa kita tidak coba dulu. Jangan banyak memikirkan hal-hal yang bisa saja belum tentu terjadi. Kalau dijalani bersama-sama pasti ada jalan” – Stana Nafisah

“Mengerjakan sesuatu dengan maksimal yang bukan berarti perfect. Selalu mencoba semua kesempatan karena kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi dan berserah diri pada Allah” –Aura Nabila

Penulis : Zettira geraldine dan Salsa Maulidya Nur Russandari