Menduniakan Psikologi Islam melalui ICIPSY

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan konferensi tingkat internasional untuk pertama kalinya tahun ini. Konferensi yang bernama International Conference on Islamic Psychology (ICIPSY) akan diadakan pada tanggal 18-19 Desember 2018. Konferensi ini bertemakan ‘Reviving the Roats and Responding to Todays Challenges’, “semangatnya kembali pada prinsip dasar psikologi islam”, tutur Wanadya Ayu Krinadewi selaku ketua panitia.

Tujuan dari acara ini yaitu untuk menjawab permasalahan psikologi saat ini melalui pendekatan islam. “Misalnya kita sebagai psikolog itu tidak hanya membuat kecemasan klien itu berkurang saja tapi juga mendorong agar niat awal (sebagai psikolog) nya diperbaiki”, jelas Wanadya. Wanadya juga menegaskan bahwa sebagai seorang psikolog muslim, “melakukan intervensi harus diniati untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga bisa manifest kepada berkurangnya kecemasan klien”.

ICIPSY ini sebenarnya adalah satu rangkaian konferensi yang meliputi dua conference, yaitu konferensi islam dan juga konferensi dari Bionet. Konferensi ini menjalin partnership dengan Bionet yang didirikan oleh Professor Marcus Stueck. Bionet itu juga sebuah konferensi besar yang sudah terlebih dahulu mengadakan konferensi-konferensi internasional. Marcus Stueck, dengan Bionetnya ini memiliki semangat untuk menyuarakan konsep-konsep psikologi islam ke komunitas intelektual yang jauh lebih besar. Oleh karenanya ia ikut meyediakan platform berupa Bionet tersebut. Harapannya akan terjalin dialog yang lebih luas, sebab jargon dari bionet itu sendiri adalah Art Meet Science yang meliputi spiritualitas.

Dengan adanya kerjasama dengan Bionet ini juga bisa menambah wawasan psikologi islam dalam hal pengukuran psikologi. Wawasan-wawasan terkait instrument pengukuran ini harapannya bisa menambah khazanah psikologi islam dalam mengkaji fenomena-fenomena psikologis yang lebih empiris.

Publikasi acara ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya. Publikasinya meliputi poster yang dipost di websitenya, mengirim email semua peserta NCIP dulu dan jejaring yang dimiliki. Selain itu panitia juga memasang spanduk di beberapa titik agar diketahui lingkungan UII. Surat undangan dan poster fisik kepada Jurusan Psikologi seluruh Indonesia juga dibagikan.

Terakhir, wanadya berharap melalui konferensi ini psikologi islam dapat dikenal oleh dunia lebih luas. Tidak hanya dikenal sebagai sebuah pendekatan teoritis namun juga sebagai sebuah pendekatan psikologis. Baik secara metode maupun intervensi-intervensi psikologi.

info dan pendaftaran Icipsy bisa di klik disini: icipsy.uii.ac.id

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *