SAP Sharing Session Prodi Psikologi FPSB

Untuk memberikan gambaran nyata implementasi System Aplication and  Product (SAP) Enterprice Resource Planning (ERP) Human Capital Management (HCM) yang merupakan salah satu bentuk sistem informasi yang digunakan oleh beberapa perusahaan multinasional terkait cara penggunaan maupun jobnya (SAP Consultant atau SAP User), maka Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus menyelenggarakan ‘SAP Sharing Session’ bertema ‘Manfaat dan Pengalaman Implementasi SAP di Perusahaan’, Sabtu, 27 September 2014 di Laboratorium Komputer FPSB UII. Hadir sebagai pemateri adalah Winda Kurniawati, S.Psi, yang saat ini mengemban amanah sebagai SAP Junior Consultant di Krakatau Information Technology yang merupakan anak perusahaan baja terbesar di Indonsia, PT. Krakatau Steel.


Dalam paparannya, Winda (panggilan akran Winda Kurniawati) banyak menyampaikan materi tentang gambaran implementasi SAP (terutama SAP ERP HCM), termasuk point penting saat melakukan implementasi pada project SAP serta ketrampilan (skills) yang perlu dimiliki oleh seorang consultant SAP. Kepada peserta, alumni Prodi Psikologi FPSB UII tersebut juga berpesan agar lebih berani untuk eksplorasi, mencoba dan bertanya kepada senior consultant, baik secara business process perusahaan sampai ke technical (teknis) software SAP-nya.

“Dengan adanya kuliah atau pelatihan (short course) SAP maka akan memberikan keuntungan dan point lebih, karena di beberapa perusahaan memberikan requirement lowongan yang salah satu syaratnya adalah pengalaman atau mempunyai ketrampilan mengoperasikan SAP. Jadi buat adik-adik yang sedang dan akan mengambil kuliah/pelatihan SAP, ini sangat penting untuk menambah pemahaman dan ketrampilan (soft skill dan hard skill) untuk memasuki dunia kerja”, ungkapnya.

Memang saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan besar dan bonafit yang sudah menerapkan SAP, seperti Pertamina, BUMA, GIA, Krakatau Steel, KHI Pipe Industries, PT. KAI, Astra dan masih banyak lagi.