Suasana Akademik

JENIS-JENIS SUASANA AKADEMIS YG KONDUSIF ANTARA DOSEN DENGAN DOSEN

Pertemuan dewan dosen yang diselenggarakan oleh Prodi Psikologi UII

Mekanismenya melalui pertemuan dengan undangan tertulis dari Prodi Psikologi kepada semua dosen untuk membahas hal-hal sebagai berikut :

  • Perkuliahan, tugas, dan praktikum

  • Ujian

  • Evaluasi prestasi akademik

  • Tugas akhir

  • Pendadaran (Ujian skripsi)

  • Evaluasi dosen

  • Pembebanan tugas mengajar dosen

  • Yudisium

  • Kurikulum dan SAP

  • Dosen Pembimbing Akademik

  • Peraturan-peraturan Akademik

  • Koordinasi kerja yang menunjang proses akademik yang lain

  • Presentasi hasil seminar atau pelatihan yang diikuti dosen tertentu kepada seluruh dewan dosen

Pertemuan dosen-dosen dalam satu bidang keahlian

  • Mekanismenya melalui pertemuan dengan undangan tertulis dari Kepala Departemen kepada dosen-dosen di kelompok tertentu membahas materi kuliah, SAP, Diktat Kuliah, kegiatan ilmiah, dan sebagainya

Sharing hasil kegiatan yang diikuti oleh dosen

  • Mekanismenya setelah dosen mengikuti kegiatan, dosen diwajibkan melaporkan hasil kegiatan yang ia ikuti secara tertulis dan melalui forum diskusi dosen.

Peningkatan Keislaman dalam proses pembelajaran melalui Islamic Psychology for Teaching and Learning, tahun 2007 seminggu 1x, dan tahun 2008  2 minggu sekali dengan mengundang ahli psikologi islami.

JENIS-JENIS SUASANA AKADEMIS YG KONDUSIF ANTARA DOSEN DENGAN MAHASISWA
 

Perkuliahan dengan cara penyampaian materi, diskusi, pembahasan tugas-tugas terstruktur yang dilengkapi LCD, michrophone, papan tulis, dsb.

  • Mekanismenya melalui perkuliahan dengan tatap muka di ruang kelas atau ruang laboratorium antara Dosen dengan mahasiswa untuk membahas materi-materi perkuliahan /praktikum secara terstruktur. Metode yang dipakai pada umumnya adalah metode ceramah dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Ada pula beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa presentasi secara berkelompok maupun sendiri. Selain itu, ada beberapa dosen yang juga sudah menerapkan metode active learning dalam proses belajar mengajar di kelas

Bimbingan akademik

  • Mekanismenya melalui kontak langsung di luar kelas antara Dosen Pembimbing Akademik dan mahasiswa yang dibimbingnya. Pelayanan yang diberikan oleh dosen berupa saran/pertimbangan-pertimbangan akademik untuk perencanaan pengambilan mata kuliah di awal semester maupun saran-saran yang sifatnya non akademik misalnya masalah pribadi.

Coloqium

  • Coloqium, kegiatan ini dilaksanakan dengan menghadirkan pakar ilmu psikologi, baik praktisi maupun akademisi.  Mekanismenya adalah dengan mengumumkan secara terbuka kepada mahasiswa tentang hal tersebut meliputi jadwal, pemberi materi, dan tema coloqium.

Asistensi dan responsi  tugas, praktikum, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

  • Mekanismenya melalui bimbingan atau responsi mahasiswa di hadapan dosen terhadap penyelesaian tugas, praktikum, dan KKN. Interaksi ini dilakukan di luar kelas.

Penerapan sanksi akademis perilaku indisipliner mahasiswa

  • Mekanismenya melalui pemberian sanksi akademis bagi mahasiswa yang melakukan tindak indisipliner sesuai dengan SK Rektor UII no 460/SK REK/REK/10/2001 tanggal 10 Oktober 2001

Evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa

  • Mekanismenya dilakukan dengan memberikan formulir penilaian kinerja Dosen kepada mahasiswa pada kuliah terakhir setiap kelas di setiap semester. Formulir ini kemudian diisi oleh mahasiswa dan diproses oleh bagian akademik. Hasil penilaian ini menjadi acuan untuk perencanaan dosen mengajar semester berikutnya

Lomba karya ilmiah

  • Mekanismenya melalui workshop lomba karya ilmiah, proses pembimbingan dosen kepada mahasiswa untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah baik di tingkat Regional maupun Nasional. 

Bimbingan Skripsi

  • Mekanismenya melalui interaksi antara Dosen Pembimbing untuk membimbing mahasiswa menyelesaikan skripsinya. Waktu dan tempat bimbingan diserahkan sepenuhnya kepada Dosen Pembimbing.

JENIS-JENIS SUASANA AKADEMIS YG KONDUSIF ANTARA MAHASISWA DENGAN MAHASISWA
 

Tugas Kelompok

  • Mekanismenya dosen memberi tugas kelompok di dalam kelas, kemudian mahasiswa mendiskusikan dan mengerjakan bersama tugas tersebut.

Praktikum kelompok

  • Mekanismenya melalui pelaksanaan praktikum dan diskusi pada: pengambilan data, pengolahan data, penyajian hasil, dan penyusunan tugas/laporan dalam suatu kelompok mahasiswa, misalnya psikologi eksperimen, observasi dan wawancara. Dengan demikian kegiatan ini melibatkan interaksi yang intensif di antara mahasiswa.

Pengabdian masyarakat

  • Mekanismenya dilakukan melalui Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM),  Pusat Dakwah Fakultas (PDF) Jafana maupun organisasi lain yang dikelola mahasiswa

Lomba Karya Tulis

  • Mekanismenya dilakukan dengan membuat kelompok antar mahasiswa untuk mengikuti lomba karya ilmiah yang selanjunya kelompok tersebut secara intensif berdiskusi untuk mengikutinya.

Organisasi kemahasiswaan

  • Mekanismenya dilakukan LEM dan DPM. Aktivitasnya dapat berupa kegiatan oleh raga, kesenian, maupun kegiatan yang lain, yang dikelola oleh mahasiswa sendiri.

Pendampingan mahasiswa

  • Mekanismenya melalui Pusat Dakwah Fakultas (PDF) Jafana untuk melakukan pendampingan dalam hal akademik maupun non akademik untuk mahasiswa baru.

MONITORING PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Perkuliahan :

  • Pengisian KRS mahasiswa

  • Jadwal kuliah (semester ganjil dan genap)

  • Presensi hadir mahasiswa

  • Daftar hadir mengajar dosen dan rekapitulasinya

  • Jadwal ujian dan nama pengawas ujian dan kartu ujian

  • Kuesioner evaluasi dosen dan nilai kinerja dosen

Praktikum :

  • Jadwal pelaksanaan praktikum

  • Daftar presensi praktikum

Skripsi dan Pendadaran :

  • Prosedur bimbingan penulisan skripsi

  • Ketentuan ujian skripsi

  • Jadwal ujian skripsi

  • Berita acara pelaksanaan ujian skripsi

  • Berita acara yudisium