Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Selamat Datang diwebsite Prodi Psikologi
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Prodi Psikologi UII Kembali Meraih Akreditasi A Print E-mail
Written by F3ry   
Monday, 02 February 2015

Pada tanggal 15 januari 2015, Badan Akreditasi Nasional – Pendidikan Tinggi (BAN-PT) merilis hasil penilaian akreditasi untuk Jenjang S1 Program Studi Psikologi UII. Penilaian tersebut menunjukkan nilai A dengan skor 367 bagi akreditasi Prodi Psikologi UII. Penilaian ini diberikan berdasarkan proses desk evaluation yang dilakukan berdasarkan isian borang yang telah dikirimkan sebelumnya dan visitasi (kunjungan langsung) yang dilakukan asesor dari BAN-PT pada tanggal 25-26 September 2014.

Pihak Universitas, Fakultas, maupun Prodi menyambut gembira hasil penilaian yang diberikan oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan, bahwa secara kualitas, berbagai indikator layanan kependidikan yang diberikan Prodi Psikologi lain telah dapat disejajarkan dengan Prodi Psikologi berbagai kampus terbaik yang ada di Indonesia. Indikator ini meliputi tata kelola, kurikulum, sarana-prasarana, bidang kemahasiswaan dan alumni, pendanaan, dan jumlah serta kualitas hasil publikasi, penelitian dan dan pengabdian masyarakat. Dalam hal kerjasama internasional, prodi Psikologi yang telah melakukan joint research antara lain dengan Zhejiang University, China, Leipzig University, Jerman dan University of Applied Science, Zwickau, Jerman.

Hasil evaluasi ini tentu saja tidak dapat dilepaskan dari berbagai program unggulan yang terus dikembangkan oleh pengelola Prodi Psikologi dan Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII. Beberapa program unggulan yang dikembangkan oleh Prodi Psikologi antara lain pengembangan Personal Development Planning System (PDPS) sebagai panduan karir bagi mahasiswa, adanya SAP (System Application and Product in Data Processing) guna memberikan ketrampilan dalam menggunakan software SAP Human Capital Management dalam hal pengelolaan sumber daya manusia melalui sistem informasi, pengembangan keterampilan belajar dan riset bagi mahasiswa, penyediaan dukungan dana penelitian bagi dosen, dan pengabdian masyarakat pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi Merapi berbasis penelitian. Berbagai program ini dipandang memberikan efek bagi peningkatan kualitas Prodi yang tercakup dalam indikator penilaian akreditasi oleh BAN-PT.

Saat ini Prodi Psikologi sedang dalam proses evaluasi kurikulum dimana untuk kedepannya roh atau inti prodi Psikologi adalah Psikologi Islami. Jika sebelumnya psikologi islami hanya muncul dalam satu mata kuliah, kedepannya semua mata kuliah juga akan bernuansa psikologi islami. Selain tertuang dalam kurikulum, psikologi islami ini juga akan mendasari penelitian dosen dan mahasiswa serta kegiatan pendukung lain yaitu NCIP (National Conference Islamic Psychology). NCIP ini adalah konferensi psikologi islami pertama yang diselenggarakan oleh prodi Psikologi Universitas Islam Indonesia pada tanggal 27-28 Februari 2015 di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta.

Mengacu pada diperolehnya nilai A dalam akreditasi oleh BAN-PT, Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi selaku Ketua Prodi Psikologi menekankan bahwa selain terus menjaga agar akreditasi nasional tetap A, Prodi Psikologi UII juga perlu berkomitmen dan bekerja keras untuk meraih akreditasi di level Internasional. Diperolehnya akreditasi A ini, kiranya dapat menjadi pintu masuk untuk terus mengembangkan diri dengan mengarah pada kriteria pendidikan psikologi yang tersertifikasi di level Internasional.
Last Updated ( Monday, 02 February 2015 )
 
< Prev   Next >

SK BAN PT AKREDITASI A PRODI PSIKOLOGI

Search

Polls

Fasilitas Anjungan Mhs Selama ini :
 
Personal Development Planning System