Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Selamat Datang diwebsite Prodi Psikologi
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
PENGUMUMAN MAHASISWA ANGKATAN 2012 PRODI PSIKOLOGI FPSB
Written by F3ry   
Friday, 28 June 2013
Assalamu'alaikum wr.wb

PENGUMUMAN

Diwajibkan bagi mahasiswa Angkatan 2012 IProdi Psikologi)hadir pada:
Hari: Sabtu, 29 Juni 2013
pkl : 09.30
Tempat : FPSB UII Lantai 3
Acara : Kolokium dengan Alumni FPSB

Harap Maklum

Wasalamu'alaikum wr.wb
 
Sarasehan dan Tasyakuran Milad ke 18 FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 04 June 2013

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia kembali menggelar “Sarasehan dan Tasyakuran” dalam rangka Milad-nya ke-18, Jumat, 31 Mei 2013 di Hall/Mushola Baitul Hadi. Acara bertema ‘Kontribusi FPSB pada Masyarakat dalam Membentuk Karakter Bangsa’ dihadiri oleh pimpinan fakultas/prodi, dosen, karyawan, dan mahasiswa. Suasana sarasehan yang digelar sebelum sholat Jumat tersebut tampak santai dan hangat. Berbagai permasalahan pun di share untuk dicarikan solusi terbaik, seperti usulan renovasi fasilitas laboratorium psikologi dan perbaikan Mushola Baitul Hadi agar lebih nyaman untuk melaksanakan ibadah, pertanyaan terkait dengan prosesi pemilihan dekan, aturan ijin sakit dan tata tertib berpakaian dalam saat ujian, usulan pemberian penghargaan kepada para aktifis lembaga kemahasiswaan, dan juga harapan untuk disediakan smoking area bagi para perokok aktif.

Semua pertanyaan dan usulan pengadaan/perbaikan fasilitas mendapat respon positif (diupayakan) oleh pimpinan. Namun demikian, khusus untuk pengadaan ‘smoking area’ pimpinan berjanji tidak akan pernah memfasilitasi. Hal itu terkait dengan fatwa MUI yang menyatakan bahwa merokok adalah haram meski ada juga ulama yang menyatakan bahwa merokok hukumnya adalah makruh. “Saya tidak sanggup jika nanti di akhirat saya ditanya oleh Allah, kenapa saya memfasilitasi tempat merokok padahal fatwa MUI menyetakan bahwa merokok adalah haram. Sesuatu yang haram kok difasilitasi?”, ungkap Dekan FPSB UII, H. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog. Pak Sus juga menyempatkan diri untuk memberikan pembekalan kepada calon alumni FPSB UII yang akan mengikuti prosesi wisuda pada hari Sabtu, 1 Juni 2013.

Ba’da jamaah sholat Jumat, civitas akademika FPSB UII dipersilahkan untuk menikmati berbagai hidangan yang telah disediakan, seperti bakso, pempek, siomay, dan juga rujak eskrim. Suasana ‘pesta rakyat’ pun tampak sangat meriah dan penuh suka cita. Sejurus kemudian, civitas akademika sudah kembali berkumpul di Mushola Baitul Hadi untuk mengikuti acara prosesi ‘Tasyakuran Milad FPSB UII ke 18’. Acara diawali dengan pemotongan ‘Tumpeng’ oleh Dekan FPSB UII dengan didampingi wakil dekan beserta para ketua prodi. Tak lupa, doa bersama pun dipanjatkan dengan penuh khusyuk untuk memohon kebaikan bagi segenap civitas akademika FPSB UII. Usai berdoa, acara dilanjutkan dengan pembagian berbagai hadiah/ penghargaan bagi dosen, karyawan dan mahasiswa berprestasi serta pemenang lomba olahraga untuk cabang bulu tangkis dan tenis meja.

Acara diakhir dengan pembagian aneka doorprize. Selamat ulang ulang tahun bagi FPSB UII dan semoga akan terus berkonrtibusi bagi masyarakat dalam rangka turut serta membentuk karakter bangsa. Amin.
Read more...
 
Kolokium 'Aplikasi Psikologi Komunitas pada Panti Asuhan dan Anak Jalanan' Psikologi FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 04 June 2013

Guna menambah pengetahuan tentang aplikasi psikologi komunitas, Prodi Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia secara khusus menggelar kolokium bertema ‘Aplikasi Psikologi Komunitas pada Panti Asuhan dan Anak Jalanan’, Jumat, 31 Mei 2013 dengan menghadirkan Dwi Wahyu Arif Nugroho., S.Psi sebagai pemateri.

Pendiri sekaligus presiden direktur ‘Senyum Community Yogyakarta tersebut mengungkapkan bahwa untuk membangun sebuah lembaga pendampingan seperti Senyum Community tersebut benar-benar dibutuhkan kerja keras, dan ikhlas dengan terlebih dulu melakukan pendekatan kepada komunitas yang akan dijadikan target. Pendekatan ini dilakukan untuk sebisa mungkin memahami komunitas yang akan didampingi. Dengan pendekatan tersebut juga diharapkan bisa lebih fokus pada pemecahan masalah suatu komunitas yang berorientasi pad pengembangan potensi komunitas. Program yang digulirkan pun hendaknya berdasarkan pada kebutuhan/ urgenitas dan bisa berkembang sesuai kebutuhan dan dinamika komunitas.

“Prinsip dalam mendampingi sebuah komumitas adalah menjadikan mereka sebagai subjek dan bukan sebagai objek. Karena jika mereka kita jadikan objek dan kita suapi terus-menerus, maka mereka tidak akan pernah bisa mandiri. Jadikan posisikan mereka sebagai agen perubahan, meski untuk itu dibutuhkan sebuah proses panjang dan lama”, paparnya.

Di akhir paparannya, Dwi Wahyu Arif Nugroho mencoba menginspirasi sekaligus memotivasi mahasiswa agar mau melakukan hal yang sama melalui tagline presentasinya ‘Lihatlah dari yang paling mungkin, mulai dari yang paling mudah, dan lakukan sekarang. Apapun yang terjadi... keep moving forward..!’
Read more...
 
Monitoring dan Evaluasi PKM 2012-2013 FPSB UII
Written by F3ry   
Thursday, 30 May 2013

Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mengawal/mendampingi proses pelaksanaan usulam Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2012/2013 terhadap 14 proposal Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang sudah dinyatakan ‘lolos’ seleksi untuk didanai Dikti, secara khusus FPSB UII menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev), Jumat, 24 Mei 2013 di R. Audiovisual.

 

.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 8 kelompok ini, masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan proses pelaksanaan program yang sudah dilakukan. Dari paparan yang disampaikan, masing-masing kelompok mendapat masukan dan saran perbaikan yang diberikan oleh Irawan Jati, S.IP., M.Hum, MSS selaku ketua Tim PKM FPSB UII. Dari 8 kelompok yang hadir dan ini setidaknya hampir semua sudah mendekati 100% rampung bahkan ada yang sudah berjalan untuk program PKM bidang wirausaha.

“Alhamdulillah program kami sudah berjalan sekitar 85%. Hanya tinggal proses pembuatan laporan dan juga menunggu proses pemuatan di Jurnal”, ungkap salah satu ketua TIM PKM-P asal Prodi Psikologi FPSB UII, Zata Amani. Bersama rekan-rekannya, Zata Amani mencoba melakukan penelitian terhadap pencegahan tawuran sejak dini melalui pelatihan peningkatan kecerdasan emosi pada anak laki-laki berbasis Nabi Ibrahim AS.

Kita doakan agar semua program yang diusulkan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin sebagai media sekaligus proses pembelajaran. Amin
Read more...
 
Berorganisasi Ajarkan Seseorang Cerdas Hadapi Permasalahan Hidup JAFANA FPSB UII
Written by F3ry   
Wednesday, 10 April 2013

Saat seseorang/mahasiswa memutuskan untuk berorganisasi (utamanya organisasi dakwah seperti halnya PDF Jafana), maka jangan pernah berpikir tentang apa yang akan diperoleh, tapi berpikir tentang apa yang bisa diberikan/dikontribusikan bagi organisasi. Kontribusi, motivasi dan komitmen anggota serta manajemen yang baik merupakan jaminan kelangsungan hidup sebuah organisasi. Pernyataan tesebut diungkapkan Ulfah Fauziah, Mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII saat berbagi ilmu/materi tentang ‘Organisasi’ dalam kajian yang diselenggarakan oleh Pusat Dakwah Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Indonesia, JAFANA pada hari Kamis, 4 April 2014 di Mushola Baitul Hadi FPSB UII.

Ulfah menambahkan bahwa seseorang yang rajin berorganisasi tidak lantas akan menjadi bodoh. Bahkan menurutnya aspek utama yang akan menentukan kesuksesan hidup seseorang bukanlah dikarenakan faktor kecerdasan intelektual semata. “Salah jika ada orang yang berpikiran bahwa organisasi tidak akan membuat kita cerdas. Justeru orang yang berorganisasi akan lebih fleksibel (baca: lebih pandai dalam menghadapi masalah hidup) dikarenakan permasalahan yang ada saat berorganisasi akan memberi pengalaman lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ikut organisasi. Dan sebagai makhluk sosial, maka sudah seharusnya kita berinteraksi dengan orang lain. Jangan ikuti aliran ‘kupu-kupu’ (baca: kuliah pulang, kuliah pulang)”, tandasnya.

Khusus dalam berorganisasi dakwah, Ulfah mengingatkan agar dalam menyampaikan segala sesuatu seharusnya dilakukan dengan cara yang baik, seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 64 - 72 of 120

SK BAN PT AKREDITASI A PRODI PSIKOLOGI

Search

Polls

Fasilitas Anjungan Mhs Selama ini :
 
Personal Development Planning System