Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Selamat Datang diwebsite Prodi Psikologi
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pembekalan Alumni FPSB oleh Dekan
Written by F3ry   
Monday, 31 March 2014

“Kita tidak hanya hidup di dunia saja. Kita juga akan hidup di akhirat. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan kehidupan kita di akhirat sejak sekarang. Sejak mencari kerja, sejak bermasyarakat dan penuh keikhlasan hanya mengharap ridho Allah SWT”. Demikian salah satu pesan penting yang disampaikan oleh Dekan FPSB UII, H. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog saat memberikan materi pembekalan alumni Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat, 28 Maret 2014.

Satu-per satu para alumni diminta untuk berbagi rencana usai mereka lulus dari FPSB UII (S1-S2). Beberapa alumni secara khusus diminta oleh Pak Sus (panggilan akrab Sus Budiharto) untuk bermusyawarah dan meminta restu dari orangtua dalam menentukan langkah selanjutnya usai kelulusan. Sebagian lain yang sudah bekerja/berwirausaha diminta untuk istiqomah dalam menjalaninya. Sedangkan bagi yang sudah mencari beberapa peluang pekerjaan dan masih belum diterima, Pak Sus mengingatkan untuk terus bersabar dan berdoa. “Doa umat muslim itu 50% dikabulkan di dunia dan 50% lagi untuk kebaikannya di akhirat. Berbeda dengan orang kafir yang doanya banyak dikabulkan 100 % di dunia karena tidak ada yang disisakan untuk kebaikannya di akhirat”, ungkap Pak Sus.

Khusus kepada lulusan Magister Psikologi Profesi Pak Sus mengingatkan untuk segera mengurus keanggotaan HIMPSI dan ijin Praktek agar lebih mudah dalam membuka praktek layanan psikologi.

 
Kolokium Departemen Psikologi Klinis Prodi Psikologi FPSB
Written by F3ry   
Monday, 31 March 2014

Untuk memberikan gambaran tentang peran psikolog puskesmas dalam menangani korban bencana alam, Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia secara khusus menggelar kolokium berjudul “Peran Psikolog Puskesmas dalam Penanganan Kesehatan Mental Masyarakat Paska Bencana Melalui Pendekatan Komunitas”, Selasa, 25 Maret 2014 dengan menghadirkan Titi Pratiwi Widayaningsih, S.Psi., Psikolog sebagai pembicara. Hadir sebagai moderator adalah M. Novvaliant Filsuf Tasaufi, S.Psi., M.Psi

Menurut Psikolog Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Turi Sleman tersebut secara umum seorang psikolog (di Puskesmas) mempunyai beberapa tugas penting, seperti melakukan promosi , prevensi, kurasi, dan rehabilitasi. Kegiatan Promosi sendiri lebih terkait erat dengan upaya-upaya dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan atau kesejahteraan psikologis seseorang atau kelompok masyarakat. Untuk tugas Prevensi yang dimaksud adalah memberikan pelayanan psikologi klinis yang meliputi upaya-upaya pencegahan atau meminimalkan kemungkinan timbulnya permasalahan atau gangguan psikologis baik di tingkat individual maupun masyarakat. Sementara Kurasi adalah pelayanan psikologis berupa intervensi psikologis atau psikoterapi yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan atau gangguan psikologis yang sedang dialami oleh indivuaal atau kelompok masyarakat. Sedangkan tugas Rehabilitasi merupakan pemberian layanan psikologis klinis meliputi upaya-upaya pemulihan kembali fungsi psikologis klien individu ataupun kelompok setelah pulih dari permasalahan/gangguan psikologis dan menyiapkan untuk berfungsi kembali ke masyarakat. Secara garis besar menurutnya penanganan pasien (utamanya korban bencana erupsi Merapi 2010 lalu) dilakukan melalui dua pendekatan, yakni pendekatan secara individu dan secara komunitas.

Pendekatan secara individual efektif dilakukan terhadap jumlah korban yang tidak banyak. Namun apabila jumlah korbannya sangat banyak, maka pendekatan komunitas jauh lebih efektif karena penekanan pendekatan komunitas secara spesifik memang lebih kepada dukungan sosial dan bukan perubahan individu. Contoh yang pernah dilakukan adalah saat memberikan psikoedukasi bagi para pamong desa/tokoh masyarakat. “Psikoedukasi tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan tantang kesehatan mental yang nantinya akan berguna bagi diri sendiri dan masyarakat. Para tokoh masyarakat juga diharapkan mampu melakukan screening terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa, mampu memotivasi warganya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa bila mengalami gejala psikologis, serta mempu membangun sistem pelayanan kesehatan yang terpadu termasuk dalam pengkondisian lingkungan untuk proses rehabilitasi masyarakat dengan gangguan jiwa”, ungkapnya.

“PR kita ke depan adalah intervensi terhadap bencana teknologi yang memilik banyak dampak, seperti kekerasan seksual, pornografi, kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, perkawinan dini dan lain sebagainya”, pungkasnya.

Read more...
 
TOPIK DOSEN TPS SEMESTER GENAP 2013/2014
Written by F3ry   
Friday, 28 February 2014

1.       Arief Fahmie

a.       Studi kualitatif aplikasi Psikologi manejemen SDM (training, seleksi, remunerasi, PMS)

b.      Studi kualitatif adopsi teknologi informasi

c.       Model organisasi dalam perspektif Islam

d.      Aikido dan PIO

e.      Ruqyah syar’iyyah dan PIO

 

2.       Hazhira Qudsy

a.       Self regulation/self efficacy in learning

b.      Parental involvement/parental support/social support/peer support in education

c.       Mathematics ability/academic ability

d.      Kecemasan/stres akademik

e.      Penalaran moral pada anak

 

3.       Fuad Nashori

a.       Forgiveness

b.      Social Prejudice

c.       Aggresion

d.      Aggreeableness

e.      Religiousity

f.        Religious knowledge in different setting

g.       Dll

 

4.       Hepi Wahyuningsih

a.       Kualitas/kebahagiaan/kepuasan perkawinan

b.      Religiusitas/spiritiualitas

c.       Identitias diri remaja

d.      Pengorbanan

e.      Sanctificiation

 

5.       Mira Aliza R

a.       Cyberbullying/bullying

b.      Anak berkebutuhan khusus

c.       Self Efficacy pada dunia pendidikan

d.      Kematangan karir

1.       Qurotul Uyun

a.       Kebersyukuran

b.      Kesabaran

c.       Spiritualitas, religious involvement

d.      Well being, resilience, kecemasan, depresi

e.      Kebahagiaan, memaafkan, khusnudzon, kepuasan hidup

 

2.       Ratna Syifa’a

a.       Regulasi Diri (anak, remaja dan dewasa)

b.      Kreativitas

c.       Berpikir positif

d.      Gifted

 

3.       Resnia Novita Sari

a.       Theory of Mind

b.      Kelekatan dengan orang tua dan teman sebaya

c.       Keluarga dengan ABK

d.      Pemafaan pada anak

 

4.       Rumiani

a.       Health behavior termasuk isu-isu promosi hidup sehat misal perilaku merokok, pola konsumsi

b.      Stres dan pengelolaannya

c.       Prokrastinasi

d.      Pendekatan-pendekatan Islam dalam konseling dan psikoterapi untuk mencapai wellbeing.

 

5.       Sumedi P Nugraha

a.       Kesejahteraan Mahasiswa

b.      Kematangan Karier

c.       Life skill mahasiswa

d.      Values

e.      KKN

f.        Works study conflict

g.       Study habits

h.      Time management

i.         Learning organization

j.        Change management

 

6.       Sus Budiharto

a.       Kepemimpinan Profetik/moral

b.      Karakter anti korupsi

c.       Intervensi Islami pasca bencana

d.      Kesehatan holistik

 

7.       Susilo Wibisono

a.       Fundamentalism

 

8.       Thobagus Muh Nu’man

a.       Perilaku mengemudi

b.      Prososial

c.       Harapan (hope)

 

9.       Yulianti Dwi Astuti

a.       Kebahagiaan

b.      Empati

c.       Gaya atribusi/atrributional style

d.      Keikhlasan

e.      Ketahanan terhadap stres

Read more...
 
Pembekalan Alumni Psikologi FPSB
Written by F3ry   
Wednesday, 18 December 2013
‘Saat Anda dihadapkan dalam beberapa pilihan (pekerjaan, mendirikan usaha, studi lanjut dll), maka tanyakanlah kepada orangtua Anda’. Demikian himbauan yang selalu ditekankan oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, H. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog kepada para alumni FPSB UII yang mengalami kesulitan saat dihadapankan dalam beberapa pilihan pekerjaan usai lulus S1 dalam acara ‘Pembekalan Alumni FPSB UII’, Senin, 25 November 2013 di Auditorium FPSB UII.

Selain benar-benar bertanya kepada orangtua tentang suatu pilihan (pekerjaan/studi lanjut) dengan berbagai pertimbangannya, sesungguhnya imbauan tersebut juga mengandung pengertian untuk meminta doa restu kepada orang tua agar pekerjaan/studi lanjut yang dipilih akan membawa kebaikan hidup di dunia dan akhirat.

Haryo Seto Akhmad Yani, salah satu alumni FPSB UII angkatan 1998 yang saat ini memiliki usaha konsultan SDM ‘Kedai Karir’ juga turut hadir untuk berbagi pengalaman sekaligus memberi motivasi kepada para sarjana baru tersebut. Haryo Seto (panggilan akrab Haryo Seto Akhmad Yani) mengajak para alumni untuk menguatkan tekad dalam memulai sebuah usaha, baik dalam mendirikan usaha sendiri ataupun saat melamar pekerjaan di suatu lembaga. “Yakinlah bahwa Allah akan senantiasa memberikan pertolongannya kepada hamba-Nya. Kalau mendapatkan yang lebih, maka kita juga harus melakukan sesuatu yang lebih. Kita kuatkan ibadah kita, kita cari/minta doa restu orangtua, kita perbanyak sedekah, kita niatkan segala sesuatunya untuk kebaikan, kita manfaatkan waktu sebaik mungkin, kita kembangkan/tingkatkan kemampuan kita melalui kursus-kursus/pelatihan, dan perkuat silaturrahmi dengan semua pihak yang terkait’, ungkapnya.

Haryo seto juga mengingatkan agar para alumni bisa menerima dan melaksanakan setiap tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin (baca: sungguh-sungguh, cepat dan tidak mengeluh), karena dalam tugas tersebut terdapat banyak sekali pembelajaran. “Nikmati setiap proses yang kita jalani/lakukan (termasuk kegagalannya). Bagi yang mau bekerja, segera kirimkan lamaran sebanyak mungkin tanpa menunggu perusahaan tersebut membuka lowongan. Karena ada kalanya perusahaan tersebut tidak membutuhkan banyak karyawan, sehingga tidak membuka lowongan secara resmi”, pungkasnya.

Acara pembekalan diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan bagi lulusan terbaik (berdasarkan nilai IPK tertinggi) FPSB UII.

Kita doakan bersama agar lulusan FPSB UII pada khususnya dan UII pada umumnya benar-benar dapat membawa manfaat bagi sesama. Amiin.

Read more...
 
OPEN HOUSE LABORATORIUM PSIKOLOGI dan IPSINEMA 2013 atau LAB EXPO Psikologi FPSB
Written by F3ry   
Wednesday, 18 December 2013

Dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan/wawasan mengenai berbagai macam peralatan penelitian/asesment psikologi maupun berbagai layanan yang ada di laboratorium dan juga aplikasi ilmu Psikologi (melalui tayangan film psikologi), Laboratorium Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia menggelar "OPEN HOUSE LABORATORIUM PSIKOLOGI dan IPSINEMA 2013 atau LAB EXPO", Rabu, 27 November 2013.

Dalam kegiatan Lab Expo 2013 tersebut disajikan berbagai peralatan yang digunakan dalam kegiatan praktikum maupun layanan psikologis psikolog yang terbagi dalam beberapa stand, seperti stand Psikologi Eksperimen yang menampilkan berbagai macam instrumen penelitian ekperimental (Muller Lyer Illusion, Pin Board, Puzzle, Reaction Time Tester,Steadiness Tester, Depth Perception Box, Two Arm Coordination, TMI-Tes Memori Indonesia, Jam Warna-Karya Mahasiswa Hasil Kompetisi Psikologi Eksperimen-Visual Motoric Coordinat Tester-Karya Mahasiswa Hasil Kompetisi Psikologi Eksperimen, Tensimeter), stand Tes Inteligensi Klasikal dengan menampilkan alat-alat tes intelegensi yang biasa dipakai secara klasikal (Intelegenz Struktur Test-IST, Tes Inteligensi Kelompok Indonesia- TIKI, Advance Progressive Matrices-APM, Standard Progressive Matrices-SPM, Colour Progressive Matrices-CPM, Tes Inteligensi Umum-TIU), stand Tes Inteligensi Individual dengan enampilkan alat-alat tes inteligensi yang penggunaanya dilakukan secara Individual (BINET, WPPSI, WISC, WAIS, S-FRIT, TIDI), stand Tes Bakat dan Minat dengan menyajikan alat-alat tes bakat dan minat (Baterai Tes Bakat A1-A3-A5-A6-B3-C4-D4,Tes Kemampuan Dasar TKD, Tes Mechanical Comprehension, Tes RMIB, Tes Holland, Tes Kuder, Tes Kreativitas Verbal, Tes Kreativitas Figural, Tes pola kerja-Pauli dan Kraeplin), stand Tes Kepribadian Proyektif dengan menyajikan alat tes kepribadian yang termasuk dalam pendekatan Proyektif (Thematic Apperception Test-TAT, Children Apperception Test–Animal-CAT-A, Children Apperception Test–Human-CAT-H, Tes Rorchach, Tes Grafis-BAUM, DAP, HTP, Tes Wartegg), serta stand Tes Kepribadian Inventori dengan menyajikan alat tes kepribadian yang termasuk dalam pendekatan Non Proyektif, atau Inventori (Sacs Sentences Completion Test-SSCT, Eysenk Sentences Completion Test-ESCT, Tes Papikostik, Edward Preferences Personality Schedule-EPPS, 16 Personality Factor, DISC, Study of Values-SOV, NSQ, MMPI).

Sedangkan untuk kegiatan Ipsinema (inside Pcinema) peserta mendapatkan sajian film psikologi berjudul ‘Thank You for Smoking’ yang kemudian dibahas bersama dosen.

Tak kurang dari 297 mahasiswa Psikologi UII, baik mahasiswa S1 ataupun S2 ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 46 - 54 of 120

SK BAN PT AKREDITASI A PRODI PSIKOLOGI

Search

Polls

Fasilitas Anjungan Mhs Selama ini :
 
Personal Development Planning System