Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Selamat Datang diwebsite Prodi Psikologi
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dr Abe Susanto Berikan Kuliah Pendidikan Karakter Mahasiswa FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 03 July 2012

Penerima Beasiswa pada umumnya cenderung egois. Hal ini disebabkan oleh konsekuensi dari beasiswa itu sendiri, seperti penerima harus mempertahankan prestasi akademik/non akademik, harus aktif menulis artikel/karya ilmiah, dan lain sebagainya yang tujuannya agar prestasinya tidak turun dan beasiswa terus bisa dipertahankan. Oleh karena itu, sebagai penyeimbangnya perlu diberikan kuliah pendidikan karakter bagi mahasiswa penerima beasiswa, khususnya penerima Beasiswa Unggulan (BU) dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator BU-BPKLN, Dr. Abe Susanto saat melakukan monitoring, evaluasi sekaligus memberikan kuliah pendidikan karakter bagi mahasiswa penerima BU-BPKLN yang berasal dari Universitas Islam Indonesia khususnya FMIPA dan FPSB UII, Sabtu, 23 Juni 2012 di Auditorium Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Susanto berharap agar mahasiswa penerima BU-BPKLN tidak hanya sekedar berusaha mempertahankan prestasi akademik yang baik namun juga aktif melakukan Intellectual Social Responsibility (ISR) melaui berbagai media yang ada, seperti menulis artikel ilmiah di media cetak nasional, melakukan pengabdian masyarakat di sekitar mahasiswa tinggal, aktif berorganisasi dan lain sebagainya yang bertujuan untuk mensosialisaikan keberadaan BU-BPKLN ke seluruh pelosok tanah air.

Sedangkan desain lengkap kuliah pendidikan karakter bagi penerima Beasiswa Unggulan bagi mahasiswa FPSB UII menurut Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog diantaranya melalui penyelenggaraan training strategi sukses belajar yang dilakukan oleh mahasiswa Magister Psikologi Profesi Psikologi FPSB UII. Strategi ini berisi tentang strategi belajar yang efektif, kiat membaca efektif, meningkatkan daya ingat/memory, teknik mengingat, strategi menghadapai ujian strategi untuk sukses kuliah, sukses hidup, motivasi diri, manajemen waktu, training menulis, training public speaking, dll. “Intinya mereka diberi kuliah bagaimana menjadi mahasiswa yang efektif’”, tegasnya.
Read more...
 
Gelar Karya Kreatif Mahasiswa FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 03 July 2012

Memanfaatkan berbagai venue yang ada di lingkungan FPSB UII, Mahasiswa Prodi Psikologi FPSB UII memajang karya-karya kreatifnya pada hari Jumat, 15 Juni 2012. Karya kreatif yang dipajang seperti halnya persepsi gambar, aneka masakan kue, hasil penelitian, kebudayaan (wayang) dan lain sebagainya.

 
Gelar Training Leardership FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 03 July 2012

Untuk memberikan tambahan skil kepemimpinan bagi para siswa SMA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas islam Indonesia menggelar Training Kepemimpinan pada hari Jumat, 15 Juni 2012 di Auditorium FPSB UII. Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan yang diikuti oleh para siswa SMA/SMK se Jogja tersebut adalah Novvalian Ali, seorang dosen muda Prodi Psikologi FPSB UII.

Dalam pelatihan tersebut, Pak Ali (panggilan akrab Novvalian Ali) memberikan materi yang terkait dengan potensi kepemimpin yang dimiliki oleh setiap orang beserta dengan pengembangannya.
 
Gelar Kolokium ‘Merakyat Untuk Sejahtera’ FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 03 July 2012

Bersama seorang Praktisi Pendidikan Populer dan juga Budayawan, Toto Raharjo, Prodi Psikologi FPSB UII menggelar kolokium bertema Merakyat untuk Kesejahteraan, Kamis, 14 Juni 2012. Dalam paparannya, pak Toto banyak mengajak peserta untuk bermain logika dengan lebih baik melalui logika-logika sederhana seperti perut lapar itu bisa dilogikan sebagai belum makan, tidak mau makan atau tidak ada yang dimakan. Hal tersebut dikaitkan dengan kondisi masyarakat di negara kita saat ini, yang kebanyakan masyarakat yang lapar dikarenakan tidak ada yang dimakan, bukan tidak mau makan atau belum makan.

Pak Toto juga mengkritisi kesalahan-kesalahan yang ada dalam masyarakat, seperti halnya sekolah Gajah di Waykambas, penamaan sebuah organisasi massa yang kurang tepat, dan lain sebaganya. Khusus tentang kondisi masyarakat saat ini, Pak Toto mengajak semua pihak untuk untuk melakukan intervensi melalui identifikasi masalah dan potensi bersama komunitas. Intervensi tersebut untuk memahami masalah dan potensi bersama secara kritis yang selanjutnya diharapkan dapat menemukan tindakan/pemecahan masalah secara bersama-sama. Dalam proses ini tentunya dibutuhkan seorang pemandu,ataupun fasilitator .

“Seorang fasilitator, pemandu ataupun orang yang memproses harus memahami dan menganut proses pendidikan yang membebaskan manusia dan meyakini bahwa masyarakat yang difasilitasi memiliki kemampuan dan potensi”, ungkapnya.
 
Juarai Cabang Tilawah dan Khatil Quran MTQ UII 2012 FPSB UII
Written by F3ry   
Tuesday, 03 July 2012

Dari beberapa delegasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang ikut meramaikan ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat universitas yang diselenggarakan bertepatan dengan Milad UII ke-69, 15-16 Juni 2012, di Hall Utama Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII, 2 orang delegasi berhasil meraih juara 1 pada dua cabang berbeda, yakni cabang tilawah yang disumbangkan oleh Febia Rahmadhaniaty (mahasiswa Prodi Psikologi angkatan 2011) dan cabang khatil quran oleh Khulafaur Rosidin (mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2011).

Sore itu, Sabtu (16/6), Febi (panggilan akrab Febia Ramadhaniaty) tak mampu membendung rasa syukur atas prestasi yang diperolehnya. Pasalnya, mahasiswi ini tidak mengira sama sekali bahwa dirinya akan keluar sebagai juara pertama pada cabang tilawah dengan perolehan jumlah skor 351, melebihi jumlah skor para delegasi lain dari delapan fakultas di lingkup UII. “Alhamdulillah nggak nyangka aja. Karena kan ini udah tingkat universitas. Saya belum tahu lawan saya siapa saja. Bener nggak nyangka aja,” ungkap mahasiswi kelahiran Tanjung Pinang Kepulauan Riau 19 tahun silam ini, usai acara.

Meski baru kali pertama tercatat mengikuti ajang MTQ tingkat universitas, namun pemilik hobi menyayi yang kini aktif sebagai anggota Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UII ini telah membuktikan bahwa dirinya mampu menyisihkan para pesaingnya yang bahkan, kerap kali meraih juara tiap ajang MTQ UII diadakan. Tak ayal, mahasiswi baru angkatan 2011 ini pun mengaku kaget sekaligus senang pasca diumumkannya hasil lomba oleh panitia. “Gimana ya, senang sudah pasti,” aku mahasiswi berkacamata ini sambil senyum.

Mahasiswi jurusan Psikologi yang juga peraih Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) ini berharap agar ke depan akan ada lebih banyak lagi mahasiswa-mahasiswi FPSB UII yang bisa mengikuti jejaknya dalam ajang kompetisi-kompetisi semacam MTQ tersebut.

“Pengennya, temen-temen itu juga bisa lebih banyak lagi yang ikut MTQ. Karena kan, dengan ikut kompetisi, kita jadi lebih banyak pengalaman baru,” tambah Febi yang juga pernah mewakili kota Riau pada Festival Seni Nasional di Surabaya 2010 lalu.

Atas capaiannya itu, nama Febia Rahmadhaniaty pun tercatat mampu meneruskan jejak Eko Baliyo, mahasiswa jurusan Psikologi angkatan 2001 yang juga sama-sama pernah mengharumkan nama FPSB karena juara satu cabang tilawah pada ajang MTQ tingkat UII beberapa tahun silam. Kepada dekanat, Febi berharap, agar bisa ikut memberikan “support” untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya, termasuk kejuaraan MTQ yang ia peroleh kali ini.

Sementara itu, juara kedua setelah Febi pada MTQ UII kali ini diraih oleh Sibghatun Ni’mah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan perolehan skor 345 dan Muammar dari Fakultas Hukum (FH) dengan perolehan skor 342 diurutan juara ketiga.[
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 82 - 90 of 118

SK BAN PT AKREDITASI A PRODI PSIKOLOGI

Search

Polls

Fasilitas Anjungan Mhs Selama ini :
 
Personal Development Planning System