Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Selamat Datang diwebsite Prodi Psikologi
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Departemen Klinis Prodi Psikologi Gelar Kolokium Tips dan Triks Browsing Online Journal Print E-mail
Written by F3ry   
Wednesday, 04 April 2012
suasana kolokium di auditorium lt.3 FPSB UII
suasana kolokium di auditorium lt.3 FPSB UII
Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia. Teknologi terbukti banyak memberikan kemudahan bagi setiap orang yang mengenal dan ataupun menguasaianya, seperti berkirim pesan (teks, gambar, video), transaksi online, kuliah/belajar online, maupun sekedar browsing mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk mencari jurnal ilmiah. Kita tentu sepakat bahwa mencari jurnal ilmiah melalui internet itu ‘gampang-gampang’ susah. Gampangnya karena kita bisa dengan mudah mendapatkan melalui mesin pencari seperti google, bing maupun mesin pencari lainnya. Sedangkan susahnya tentu terkait dengan kredibilitas dari jurnal hasil pencarian mesin pencari itu sendiri.

Banyak dari hasil pencarian jurnal ilmiah tersebut hanya berupa potongan-potongan bab, sekedar abstrak, atau bahkan beralamat palsu yang berisikan iklan barang, jasa, atau perusahaan tertentu. Oleh karena itu, guna memudahkan para mahasiswa FPSB UII dalam berburu jurnal ilmiah online, Prodi Psikologi FPSB UII secara khusus mengadakan kolokium bertema Tips dan Triks Browsing Online Jurnal pada hari Jum’at, 30 Maret 2012 di Auditorium FPSB UII. Hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut adalah Laila Ningtyas, S.Psi dan Khairun Nisak, S.I.P dari perpustakaan ICBC Yogyakarta.

Dalam paparan singkatnya, pemateri mengemukakan adanya beberapa kekeliruan yang sering dilakukan oleh para pencari jurnal ilmiah online, seperti pengetikan kata kunci di mesin pencari yang terlalu panjang, kata kunci yang terlalu spesifik, kata kunci yang terlalu luas cakupannya (umum), maupun kesalahan dalam pengetikan kata kunci di mesin pencari. Untuk mempermudah pencarian jurnal ilmiah online yang dapat dipercaya, pemateri memberikan beberapa contoh alamat website yang bisa dijadikan rujukan dalam mencari jurnal ilmiah online, seperti CDS/ISIS berbasis dos yang banyak digunakan oleh perpustakaan ICBC dan UGM, maupun PSenayan yang merupakan hasil karya anak negeri dengan tampilan yang lebih bagus/menarik karena telah berbasis windows.

Pemateri secara langsung mengajak para peserta untuk mempraktekkan tips dan triks dalam mencari jurnal ilmiah online, termasuk mengajarkan cara-cara penulisan kata kunci yang tepat dan penulisan kata kunci yang tidak tepat.

Last Updated ( Wednesday, 04 April 2012 )
 
< Prev   Next >

SK BAN PT AKREDITASI A PRODI PSIKOLOGI

Search

Polls

Fasilitas Anjungan Mhs Selama ini :
 
Personal Development Planning System