Perkuliahan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Paradigma pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sudah diterapkan Prodi Psikologi lebih dari satu dekade. Beberapa strategi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif diterapkan di kelas seperti kuliah interaktif, diskusi kelompok, presentasi, studi lapangan, praktikum di kelas dan laboratorium, kuliah kerja nyata, kuliah pakar dan kolokium dengan mengundang praktisi dan profesional dalam bidang Psikologi dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Leipzig University Jerman, Zhejiang University China, DPFA Hochschule Sachsen Jerman, Universitas Malaya Malaysia, Universitas Putera Sultan Idris Malaysia, Saxion University Belanda, The Internasional Institute of Islamic Thought (IIIT), Sofia University AS, serta Humboldt University Jerman.

Proses tatap muka di kelas antara mahasiswa dan dosen memiliki syarat 75% minimal kehadiran mahasiswa di kelas (SK Rektor UII No 33/Rek/PR/20/DA/XII/2011) sedangkan praktikum di laboratorium psikologi untuk mata kuliah tertentu mempersyaratkan kehadiran mahasiswa 100%.

Berdasarkan Peraturan Rektor UII No. 34/PR/REK/BPA/X/2010, proses belajar mengajar di semua level di UII harus memasukkan proses pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi serta multi media (e-learning). Minimal setiap mata kuliah menerapkan blended-learning (daring dan luring) antara proses belajar mengajar konvensional dan e-learning.

Program Studi Psikologi telah melakukan upaya untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif melalui berbagai kegiatan, diantaranya: menyelenggarakan seminar nasional tahunan (National Conference on Islamic Psychology) sebagai ajang mahasiswa dan dosen mempublikasikan hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang Psikologi Islam dan mendukung pengiriman mahasiswa dan dosen hadir dalam kegiatan serupa di dalam maupun luar negeri. Kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa difasilitasi dalam kegiatan PKM dan penelitian payung bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah skripsi.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan catur dharma, Program Studi Psikologi memiliki beberapa desa binaan sebagai wadah pengabdian masyarakat bagi dosen dan tempat magang mahasiswa, di antaranya Desa Kalidadap yang terletak di belakang kampus terpadu UII dan desa binaan yang terletak di Kecamatan Cangkringan di lereng Gunung Merapi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.